SEMINAR MSDM

NAME : VIRA MUTIARANI
NIM  : 01217045 / B 
1). Berhubungan dengan masalah karyawan , pegawai , manager , HRD , Buruh atau semua tenaga kerja yang menopang aktivitas perusahaan atau organisasi . intinya berhubungan pada ruang lingkup tenaga kerja .
2). Karena tenaga kerja dalam sebuah bisnis banyak mempunyai peran penting seperti memasarkan product , memproduksi barang & jasa . dan pastinya tenaga kerja / SDM disebuah organisasi harus mengoptimalkan kegunaa dari seluruh pekerja .
3). Penilaian Kinerja bagi Perusahaan :
- untuk menenetukan kompensansi , kenaikan gai , promosi bahkan bisa digunakan untuk menentukan struktur gaji .
-Mengidentifikasi kelemahan dan ketepatan setiap karyawan untuk menentukan posisi pekerjaan yg tepat
-Bisa jadi kebiasaan bagi karyawan
Penilaian Kinerja bagi Karyawan :
-Persiapan data dari jauh hari
-Diskusi
4). Karena mempunyai manfaat kegiatan Pelatihan Karyawan:
– Perusahaan dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan sekarang.
– Perusahaan mempunyai SDM yang  cakap melaksanakan pekerjaan.
– Perusahaan dapat menjawab tantangan   perkembangan zaman.
– Perusahaan dapat meningkatkan produktivitas dan prestasinya.
– Mekanisme menggunakan teknologi baru dengan baik.
– Perusahaan dapat mempersiapkan karyawan-karyawan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi.
5). Terus mengikuti pelatihan-pelatihan skill untuk menambah wawasan & skill agar bisa bersaing di masa yang akan datang . contoh ikuti banyak macam seminar walau itu diluar jurusan anda . tapi lbh tepatnya ambil seminar yang sesuai passion & jurusan anda .
6). ya 60% menurut saya karna kualitas SDM dalam sebuah organisasi sangat menonjol terhadap para customer , kompetensi pun juga sama . maka dari itu kompetensi & kualitas SDM selalu digali .
7). Penilaian kinerja perlu dilakukan dengan objektif, profesional dan edukatif artinya yaitu bahwa penilaian kinerja hendaknya bersifat tertutup, profesional berdasarkan kinerja dalam menyelesaikan pekerjaan yang telah diberikan, dan edukatif yaitu penilaian kinerja harus benar-benar mengetahui cara penilaian berdasarkan standar metode yang digunakan.
8). Cara menyusun struktur organisasi yang baik adalah:
-Merancang STO sesuai dengan visi dan misi perusahaan
-Merumuskan proses bisnis perusahaan yang dibutuhkan apa saja
-Membuat struktur organisasi perusahaan yang ramping
-Menyusun jabatan dan posisi penting dalam struktur perusahaan
9). Karena mempunyai keuntungan :
-Lebih Memahami Passion
-Jaminan Kesejahteraan
-Menambah Relasi Kerja
-Meningkatkan Kepercayadirian
10).-Memberikan kompensasi yang sesuai bagi karyawan sesuai pedoman pemerintah.
-Memberikan jaminan kesehatan para karyawan.
-Memberikan kesempatan karyawan untuk berkarir di perusahaan.
-Mengembangkan kompetensi para karyawan, misal dengan memberikan pelatihan, beasiswa pendidikan formal, dan berinovasi.
11). sangat penting karena bila reputasi kita baik akan  dikenal banyak organisasi / perusahaan tetap dengan reputasi baik, jika tidak baik sebaliknya juga sama .
12).-Pertumbuhan Perusahaan
Pertumbuhan bisnis perusahaan akan menciptakan posisi pekerjaan baru yang menyebabkan terjadinya pengisian posisi pekerjaan baru, baik melalui promosi karyawan yang sudah ada atau promosi karyawan baru.
-Latar Belakang  Pendidikan
Prestasi akademis yang dimiliki tenaga kerja selama mengikuti pendidikan sebelumnya harus dipertimbangkan, khususnya dalam penempatan tenaga kerja tersebut untuk menyelesaikan tugas pekerjaan, serta mengemban wewenang dan tanggung jawab. Prestasi akademis yang perlu dipertimbangkan tidak terbatas pada jenjang terakhir pendidikan tetapi termasuk jenjang pendidikan yang pernah dialaminya.
-Tenaga kerja yang memiliki prestasi akademis tinggi harus ditempatkan pada tugas dan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya, sebaliknya tenaga kerja yang memiliki latar belakang akademis rata-rata atau dibawah standar harus ditempatkan pada tugas dan pekerjaan ringan dengan beban wewenang dan tanggung jawab yang relatif rendah. Latar belakang pendidikan pun harus menjadi pertimbangan dalam menempatkan karyawan. Misalnya, sarjana ekonomi harus ditempatkan pada pekerjaan yang berhubungan dalam bidang ekonomi. Latar belakang akademis ini dimaksudkan untuk menempatkan karyawan  yang tepat pada posisi yang tepat pula (The Right Man on The Right Place).
-Kesehatan Fisik dan Mental
Dalam menempatkan karyawan, faktor fisik dan mental perludipertimbangkan karena tanpa pertimbangan yang matang, maka hal-halyang bakal merugikan perusahaan akan terjadi. Penempatan karyawan pada tugas dan pekerjaan tertentu harus disesuaikan dengan kondisi fisik danmental karyawan yang bersangkutan. Kesehatan erat kaitannya dengan sumber daya manusia. Pekerjaan-pekerjaan yang berat dan berbahaya misalnya hanya mungkin dikerjakan oleh orang-¬orang yang mempunyai fisik sehat dan kuat, sedangkan sumber daya manusia yang fisiknya lemah dan berotak cerdas dapat ditempatkan pada bidang administrasi, pembuatan konsep atau perhitungan-perhitungan yang memerlukan ketekunan luar biasa, namun faktor kesehatan ini masih perlu diperhatikan dalam penempatan mereka. Hal ini dapat dipahami, meskipun tes kesehatan telah meluluskan semua sumber daya manusia baru, tetapi kadang-kadang tes kesehatan tersebut dilakukan sepintas kilas kurang dapat mendeteksi kondisi jasmani secara rinci.
-Pengalaman Kerja
-Faktor Status Perkawinan
-Sikap
-Usia

-Sekian & Terimakasih-

Komentar

Postingan Populer