HERO SUPERMARKET







MANAJEMEN STRATEGIK
GIANT HYPERMARKET
PT Hero Supermarket Tbk 

 Dosen Pembimbing:
Arasy Alimudin, SE., MM., Dr.
Disusun oleh
Ahmad Zulfikar Y.                            (01218168)
 Eva Maya Sabatini                            (01218009)
 Nanin Kurniasari                              (01218107)
 Tara Rizki Amalia                             (01217113)
 Vira Mutiarani                                  (01217045)
PRODI MANAJEMEN (B)
UNIVERSITAS NAROTAMA
SURABAYA
2020


 
SEJARAH

Giant di Indonesia beroperasi di bawah bendera bisnis jaringan ritel raksasa, PT. Hero Supermarket Tbk. yang telah mengadakan aliansi strategis dengan Dairy Farm Internasional pada tahun 1999 dalam bentuk penyertaan saham langsung. Kerjasama antara keduanya ditandai pula dengan bergabungnya beberapa eksekutif Dairy Farm Internasional sebagai mitra untuk memperkuat jajaran manajemen PT. Hero Supermarket Tbk. Hal ini bertujuan untuk memberikan kontribusi berupa pengalaman dan keahlian internasional yang bermanfaat bagi pengetahuan dan pemahaman manajemen PT.Hero Supermarket Tbk. Gerai giant yang pertama kali dibuka di Indonesia adalah Giant Hypermarket di Villa Melati Mas, Serpong, Tangerang pada tanggal 26 Juli 2002. Giant dengan mottonya “ Banyak Pilihan Harga Lebih Murah” menyediakan sekitar 35.000-50.000 item, yang mana 90% nya berasal dari produk lokal dan etnik. Dengan operating philosopy “Garansi Harga Murah Setiap Hari”, Giant ingin dikenal sebagai brand yang murah, terjangkau dan dapat dipercaya dengan memberikan nilai lebih dari harga yang dibayarkan. Produk private label Giant mulai hadir pada tahun 2003 dengan menggunakan merek Giant serta First Choice.Produk private label hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang sensitif terhadap harga akan produk yang berkualitas. Harga yang ditetapkan untuk produk private label lebih murah bila dibandingkan dengan produk merek nasional. Dengan adanya produk private label diharapkan dapat menambah pilihan bagi konsumen dalam berbelanja. Slogan dari produk private label milik Giant adalah Proudly Made in Indonesia Produk-produk private label yang dijual oleh Giant 90% adalah produk lokal yang dihasilkan oleh pemasok yang sebagian besar adalah perusahaan berskala kecil menengah di Indonesia. Giant memiliki standar khusus yang harus dipenuhi oleh pemasok dalam memproduksi produk private label. Standar ini digunakan untuk menjaga kualitas dari produk private label yang dihasilkan. Giant juga memberlakukan kebijakan yang memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk mengembalikan produk private label yang telah dibeli ke gerai giant maupun jika merasa tidak puas dengan kualitas produk private label tersebut. Grup Hero kini memiliki 496 gerai dengan jumlah karyawan sebanyak 13.400 orang. Perusahaan mengoperasikan 38 gerai Giant Hipermarket, 46 gerai Hero, 76 gerai Giant Supermarket, 208 Guardian (apotik), dan 129 gerai Starmart (minimarket). Salah satu gerai yang ada adalah giant ekstra di pekanbaru. Pada penelitiani ini penulis lebih focus kepada giant extra yang ada di jalan HR. Soebrantas Pekanbaru. Giant Ekstra ini resmi didirikan pada 26 Februari 2009. Seiring dengan diresmikannya Metropolitan Trade Centre pekanbaru.

Tujuan :

1.Pemimpin harga murah di Indonesia
2.Pemimpin dalam promosi
3.Mengembangkan & melatih para karyawan

Sasaran :

Giant Supermarket diluncurkan sebagai merek ritel pelengkap bagi Giant Hypermarket, sehingga memungkinkan merek ini dibuka pada lokasi dengan luas area perdagangan yang lebih kecil dengan lokasi yang lebih dekat dengan cluster lalu lintas daerah pemukiman. Giant Supermarket diperkenalkan pada tahun 2007, sebagai bagian dari upaya rebranding Hero Supermarket dan ditujukan bagi kelas menengah yang lebih luas, dengan tingkat harga yang terletak antara posisi harga Giant Hypermarket dan Hero Supermarket. 

VISI & MISI

1. Visi PerusahaanMenjadi pengecer terkemuka di Indonesia dari segi penjualan dan penciptaan nilai jangka panjang bagi para pemangku kepentingan.

2. Misi Perusahaana. Kami memiliki 5 MEREK TOKO (Hero Supermarket, Guardian, Starmart, Giant Ekstra dan Giant Ekspres) yang dapat memuaskan semua segmen pelanggan dan kami akan mengembangkannya secara menguntungkan di seluruh Indonesia, dengan memperkuat penawaran masing-masing merek toko.b. Kami meningkatkan dan memotivasi talenta local terbaik dalam Perseroan.c. Kami berusaha keras menjadi yang terbaik bagi pelanggan, lebih sederhana bagi karyawan, dan lebih murah bagi Perseroan.d. Kami, sebagai PELOPOR ritel di Indonesia akan melanjutkan bekerja sama untuk tumbuh seiring dengan perkembangan negara kami, memajukan Perseroan kami dan meningkatkan kesejahteraan para pemangku kepentingan. 

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN

Giant Ekstra merupakan Perusahaan Terbatas yang berara di bawah naungan Hero Group. Dalam organisasi ini terdapat pembagian tugas yang jelas dari para anggotanya. Promosi jabatan di lakukan sesuai dengan perkembangan kebutuhan. Pengambilan keputusan berdasarkan pertimbangan yang matang karena pimpinan selalu memakai konsep musyawarah dalam memutuskan segala sesuatunya dan dalam situasi yang mendadak pemimpin juga mengambil keputusan tanpa konsuktasi dengan beberapa staffnya. Prisip organisasi ini adalah penempatan orang sesuai dengan kemampuan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja. Adapun struktur organisasi Giant Ekstra ini adalah sebagai berikut:
 Keterangan:1. Store Manager, Memimpin seluruh kegiatan operasi supermarket.2. Fresh and Forezen Section Manager, Grocery and Non Food Section Manager, Bertanggung jawab atas kegiatan pemajangan, pemberian harga dan ketersediaan jenis barang dagangan masing-masing.3. Produce Supervisor, Daily Dairy and Frozen Supervisor, Meat and Fish Supervisor, Grocery Food Supervisor, Grocery Non Food Supervisor, bertugas Mengawasi kegiatan pemajangan, proses pemberian harga jual, ketersediaan jenis barang masing-masing.4. Produce Staff, Daily Dairy and Frozen Staff, Butcher Staff, Fish Staff, Grocery Food Staff, Grocery Non Food Staff, bertugas Memajang, memeriksa yang telah kosong/berkurang kemudian mengisi kembali sesuai jenis barang masing-masing.5. Receiving and Storage Section Manager, Bertanggung jawab untuk mengkoordinir, mengarahkan dan mengawasi kegiatan penerimaan dan penyimpanan barang.6. Receiving and Storage Supervisor, bertugas Mengawasi kegiatan penerimaan dan penyimpanan barang7. Receiving and Storage Staff, bertugas Mengecek dan menerima barang serta menyimpannya dalam gudang.8. Store Administration Section Manager, bertugas bertanggung jawab untuk mengarahkan, mengatur dan mengawasi terhadap semua kegiatan administrasi di dalam supermarket.9. Finance Administration Supervisor, Bertanggung jawab untuk menyiapkan uang kecil untuk kasir, mencetak dan mengecek laporan keuangan, penjualan omset per departemen dan counter, memposting hasil penjualan, membuat laporan petty cash, kupon; mengecek isi brankas dan kupon/voucher barang.10. Administration SDM, Bertanggung jawab terhadap absen, jadwal kerja dan cuti karyawan; memberi laporan absensi ke Hero pusat; bekerja sama dengan supervisor memberi penilaian kerja, promosi, mutasi dan rotasi; perhitungan lembur.11. Administration POS, Bertanggung jawab membuat laporan perubahan harga jual, POP (Point of Purchase); bertanggung jawab terhadap pemrosesan faktur, DO, PO, CN (Credit Note); transfer data order ke gudang David/IT.12. Administration Supermarket, Bertanggung jawab mengontrol pekerjaan administrasi POS; mengecek administrasi faktur, PO, DO, data labelling, bukti transfer dan CN dari POS; menginput data transfer PLU, data BS, rekap data incoming goods; menyerahkan hasil rekapan dan copy faktur ke supervisor keuangan.13. Security, Bertanggung jawab atas keamanan dalam supermarket.14. Driver, Bertugas sebagai supir dalam memperlancar kegiatan operasi supermarket. 15. Customer Service Section Manager, Bertanggung jawab atas kegiatan pelayanan kepada pelanggan, pembungkusan barang-barang yang dibeli, penitipan barang-barang, pengoperasian genset, pelayanan pemeliharaan umum.16. Customer Service Supervisor, Bertanggung jawab untuk mengawasi kegiatan pelayanan kepada pelanggan.17. Cashier, Bertanggung jawab atas penerimaan dan pengeluaran uang dalam operasi.18. Customer Service Staff, Bertanggung jawab untuk mengecek pengembalian barang yang tidak jadi dibeli customer; kontrol peralatan mesin EDC (Electronic Draft Capture), cash register, area deposit, promosi, service counter, display produk, packing material; mengatur antrian pelanggan dan buka atau tutup kasir, administrasi penukaran dan pengembalian barang; membuat faktur, invoice pembelian; menangani keluhan pelanggan; cek audit report dan melakukan settlement mesin EDC.

Analisis SWOT

Strength (Kekuatan)
1.Menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, makanan dan non makanan
2.Harga jual cukup terjangkau
3.Melayani pembelian ecer maupun partai
4.Menyediakan Fresh Market, salah satu bagian Giant memberikan nuansa pasar tradisional bersih dan nyaman
5.Tersedia area foodcourt dan terrazone
6.Lokasi strategis
7.Fasilitas parkir gratis dan luas

Weakness (Kelemahan)
1.Ukuran besar menyebabkan inefisiensi dalam birokrasi dimana keputusan terpusat di kantor pusat
2.Terlalu banyak cabang Giant yang didirikan menyebabkan tingginya beban operasional dan beban SDM
3.Hanya penjualan offlinestore

Opportunities (Peluang)
1.Memiliki area wilayah perbelanjaan yang luas, sehingga area tersebut dapat disewakan kepada tenant-tenant yang laris oleh pengunjung
2.Memiliki merk rumah sendiri, yakni “Giant” dengan harga jual relatif rendah
3.Pembeli yang tidak dapat berbelanja secara langsung dan ingin berbelanja secara online
4.Kebutuhan pembeli untuk pengiriman barang

Threats (Ancaman)
1.Bayaknya pesaing hypermarket lain dengan bisnis dan model serupa
2.Keberadaaan minimarket disekitar rumaah masyarakat dengan jangkauan yang lebih dekat
menjadikan alternatif pilihan berbelanja
3.Adanya pilihan berbelanja online

Analisis SMART

SIMPLE

Smart adalah salah satu poin penting dalam analisis straegik sebuah perusahaan yang dituangkan kedalam rumusan sederhana sehingga mudah dipahami oleh seluruh komponen anggota perusahaan. Pada PT. Hero Supermarket menurut saya visinya sudah diterapkan dengan baik terbukti dengan penjualan produknya yang diminati oleh mayoritas konsumen di Indonesia. Terbukti adanya 5 Merk Toko Hero Supermarket, Guardian Starmart, Giant Ekstra dan Giant. Hero Supermarket memiliki banyak macam yang bisa dirasakan oleh konsumen mulai dari Kebutuhan Rumah tangga , peralatan sekolah , peralatan bayi . Barang nya ada banyak macam yang dibutuhkan kalangan bayi sampai orangtua.

MEASURABLE

Measurable merupakan indikator kejelasan, kongkrit, dan terukur serta mampu menjadi motivasi bagi karyawan. setelah sukses dengan Giant Tampil Beda di daerah Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Timur, Giant makin mantap melakukan penyegaran toko-tokonya. Kali ini giliran Giant Serang yang melakukan pemugaran baik dari sisi interior hingga varian produknya. Peluncuran Konsep baru Giant Serang Tampil Beda dilaksanakan pada hari ini, Kamis, 14 November 2019.

APLIKABLE

Cintai Produk Lokal Dengan jangkauan bisnis yang sangat luas. Walaupun badai ekonomi berkali-kali menerjang perusahaan tersebut, Hero Supermarket mencoba tetap konsisten pada tujuannya. Seiring berjalannya waktu Hero Supemarket mampu bertahan ditengah persaingan industri di Indonesia dan mulai mendapat tempat tersendiri pada konsumennya di Indonesia. Ini membuktikan bahwa Hero Supermarket cukup mampu mencapai visi dan misinya ke depan meskipun sekarang banyak merk yang mengusung produk sejenis.

RELIABLE

Hero Supermarket memiliki keahlian yang kuat di bidang pemasaran dan manufaktur berbagai rangkaian produk peralatan rumah tangga kualitas baik di peralatan dapur, peralatan rumah tangga plastic. Perusahaan ini memiliki jaringan distribusi yang mapan dan luas baik domestik distributor, agen, atau pengecer, serta perwakilan di kota-kota besar di indonesia dan negara-negara berkembang utama. Perusahaan juga telah kuat dalam membangun aliansi strategis dengan mitra asing utama produk konsumen terkemuka di manufaktur tahan lama, yang telah memperkuat posisi perusahaan bisnis terkemuka di pasar domestik dan juga kehadiran jenis di pasar global.


TIME ABLE

Hero Supermarket meraih penghargaan
Industrial Relations Award 2019: Best Social Dialogue Award 2019 (LKS Bipartit)






Link : PT HERO SUPERMARKET GROUP

Nama Kelompok beserta Blogspot : 

zulfikaryuliatno.94@gmail.com

eva.sobat@gmail.com 

>tararisky@yahoo.co.id

>mykaryavira.blogspot.com



Komentar

Postingan Populer